bisnis modal rakyat hasil ningrat

"Alloh tidak akan merubah nasib suatu kaum,, jika kaum nya itu sendiri tidak mau merubah nasib nya dengan tangannya sendiri"

LightBlog

Breaking

Selasa, 07 Maret 2017

Membuat Infused Water Sendiri dengan Resep Populer

Seperti yang kita ketahui, sebagian besar organ dan sel tubuh kita membutuhkan air untuk bekerja. Air berguna sebagai pembersih alami, membantu mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh.

Selain itu air juga membantu melancarkan pencernaan, menyetabilkan suhu tubuh, mengantarkan nutrisi keseluruh tubuh kita, membantu hati untuk mengolah lemak, memperlambat penuaan pada kulit, menjaga kecantikan dan kelembaban kulit, membantu pembentukan otot, meningkatkan kerja saraf, membantu kerja ginjal, dan berbagai manfaat penting air lainnya.

Pentingnya air bagi tubuh ternyata masih sering luput dari perhatian kita. Padahal kekurangan air atau dehidrasi bisa menyebabkan beberapa penyakit. Mulai dari mudah lelah, kulit kering, sakit kepala, gangguan pencernaan, hingga gangguan ginjal.

Menurut The Institute of Medicine, kebutuhan air untuk pria dewasa setidaknya 3 liter per hari (sekitar 13 gelas), dan 2,2 liter per hari untuk wanita (sekitar 9 gelas).

Banyak orang kurang suka meminum air putih karena rasanya hambar. Membosankan. Mungkin Anda juga berpikir begitu. Maka Anda harus mencoba infused water.
Apa itu Infused Water?

Sering disebut dengan minuman detoks, air rasa buah, ataupun air yang di-infuse dengan buah. So, secara umum infused water merupakan air dengan rasa buah yang didapat dengan cara membenamkan buah (bisa juga sayur ataupun herbal) di dalam air dingin.

Infused water. [image by thewellnesssoldier.com]

Dengan menambahkan beberapa irisan buah atau sayuran ke dalam air minum, Anda bisa menikmati air putih dengan rasa yang lebih enak dan segar, serta memberi Anda segudang manfaat. Bahkan ramai diklaim dapat membantu proses diet menurunkan berat badan.

Berikut ini merupakan cara dan resep mudah untuk membuat infused water dengan bahan-bahan yang bisa didapatkan di dapur maupun kulkas Anda.

Cara membuat infused water:
  1. Iris buah atau sayuran menjadi potongan/lembaran yg agak tipis. 
  2. Masukkan irisan buah atau sayuran tadi ke dalam teko ukuran 1 liter, beri es (sesuai selera). 
  3. Isi dengan air sampai penuh. 
  4. Biarkan selama 30 menit sebelum diminum. Letakkan di kulkas jika ingin dinikmati dalam keadaan dingin.
Beberapa resep infused water populer:

Lemon, Jeruk Nipis, Jeruk

Buah-buahan citrus ini banyak mengandung antioksidan yang penting untuk detoksifikasi tubuh. Selain itu juga bisa membantu menurunkan berat badan, dan menjaga kesehatan kulit.



Irisan lemon, termasuk buah citrus lainnya, sangat populer sebagai bahan untuk membuat infused water.
Peach, Plum, Pir

Peach mengandung 10 vitamin yang penting untuk tubuh, salah satunya vitamin A yang bermanfaat untuk mata. Kandungan potassium, fluoride, dan ion-nya juga mengurasi resiko anemia dan menyetabilkan tekanan darah.

Buah Plum diketahui bisa melancarkan pencernaan karena seratnya yang tinggi dan kandungan sorbitol. Seperti peach, plum juga banyak mengandung vitamin A dan antioksidan, sehingga baik untuk mata.

Sedangkan buah pir juga baik untuk pencernaan dan sangat direkomendasikan untuk diet menurunkan berat badan. Tingginya antioksidan dan serat yang dimiliki, buah pir dipercaya bisa mencegah kanker usus.


Blackberry, Raspberry, Mint

Dari semua buah, blackberry dan raspberry memiliki antioksidan tertinggi sehingga menjaga tubuh kita dari serangan penyakit dan mengandung zat anti-aging, atau penghambat penuaan untuk kulit. Mengonsumsi buah beri juga dipercaya mencegah kanker.


Mentimun, Lemon, Mint

Lemon adalah minuman detox yang sangat ampuh ‘membersihkan’ tubuh. Mengandung vitamin A dan B, ditambah folic acid serta tinggi antioksidan. Berguna untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh dan meremajakan kulit.

Mentimun tinggi akan vitamin A, C, dan K, potassium, kalsium, dan zat besi yang bermanfaat untuk metabolisme tubuh, menjaga kecantikan kulit, dan bisa meringankan peradangan.

Sedangkan mint mengandung vitamin A, B, C, dan K, mengandung antioksidan yang cukup tinggi, serta bisa membantu melancarkan pencernaan. Menthol pada mint bersifat menenangkan, penghilang rasa sakit, dan memberi sensasi dingin pada tubuh.


Blackberry, Ceri, Jeruk Nipis

Selain mengandung antioksidan yang tinggi, blackberry dan ceri juga mengandung vitamin A dan C, yang bermanfaat untuk rambut dan kulit. Menambahkan jeruk nipis akan menyeimbangkan rasa manis dari blackberry dan ceri serta melancarkan pencernaan.


Jeruk, Lemon, Jahe

Jeruk membantu melancarkan sirkulasi darah, lemon melancarkan pencernaan serta menyegarkan nafas, sedangkan jahe sangat baik untuk memperkuat sistem imun.


Nanas dan Mint

Nanas dikenal sebagai anti radang yang membantu meredakan nyeri pada sendi dan arthritis. Mint, seperti yang kita semua tahu, membantu melancarkan pencernaan dengan mengaktifkan kelenjar liur dan enzim pencernaan.


Strawberry, Jeruk Nipis, Selasih

Buah strawberry memiliki antioksidan yang cukup tinggi dan vitamin C. Jeruk nipis sendiri buah yang ampuh melawan penuaan serta menjaga kecantikan kulit, rambut, dan kuku. Seperti strawberry, selasih juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan baik untuk imunitas tubuh.


Semangka

Rasa segar semangka sangat cocok untuk dinikmati terutama pada saat cuaca panas. Disamping menyegarkan, juga menyehatkan. Vitamin A pada semangka akan membuat kulit Anda lebih cerah dan menjaga kesehatan mata.


Apel dan Kayu Manis

Apel memiliki serat dan pectin yang tinggi, berguna untuk membuang racun, menjaga kesehatan tulang dan otot. Sedangkan rhubarb mengandung vitamin K yang membantu pembekuan darah, Kayu manis akan memberi tubuh Anda antioksidan, melancarkan metabolisme tubuh, dan tentu saja memberi rasa manis alami mendampingi apel dan rhubarb. Tapi jika Anda kesulitan mendapatkan rhubarb, Anda bisa menggunakan apel dan kayu manis saja sebagai infused water.


Mentimun, Raspberry, Anggur

Mentimun bisa melembabkan serta mendinginkankan kulit dan mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, raspberry mengandung zat anti-radang, dan anggur memiliki kandungan zat pelawan kanker.


Raspberry dan Jeruk Nipis
Sentuhan rasa masam dan manis dari raspberry dan jeruk nipis adalah penyegar yang sempurna. Raspberry dan jeruk nipis sangat bermanfaat untuk pencernaan, Karena jeruk nipis mengandung flavanoids dan asam sitrat, sedangkan raspberry salah satu buah yg berserat cukup tinggi.


Blueberry dan Lavender

Mungkin agak aneh bunga lavender digunakan sebagai bahan infused water, tapi Anda pasti akan menyukainya. Lavender dikenal karena aromanya yang wangi dan menenangkan. Sedangkan blueberry memiliki kandungan antioksidan dan phytonutrients.


Jeruk Bali dan Rosmarin (Rosemary)
Rosmarin terbukti mampu melancarkan pencernaan, sedangkan jeruk bali memiliki enzim pembakar lemak dan asam sitrat diketahui berguna untuk pencernaan dan membakar lemak. Rasanya yang segar juga akan membuat Anda lebih bersemangat menjalani aktifitas.

Salam Sehat, Sukses, dan Sejahtera untuk kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar